INVESTASI BODONG?

kadang suka gemes sendiri, setiap kali cerita sama teman soal reksadana atau saham mereka ngeluh malas ribet. malas belajar dan takut rugi.
orang merasa nyaman ketika mereka diiming-imingi rasa aman, pasti untung, untung instan, untung besar, dll dan bakalan heboh seheboh2nya ketika dana mereka nyangkut, atau ketika diberitahu kalau tempat mereka berinvestasi tidaklah terjamin.awal2 mereka kebanyakan ngotot kalau tempat berinvestasinya aman, dan denial tingkat tinggi, membela mati2an tempat investasinya yang jelas2 ada something fishy aka mencurigakan.

ada loh yang bisa kita lakukan sebelum masuk alias nyemplung ke dalam suatu tawaran investasi, ini ada kutipan dari google:
Sebelum memutuskan bergabung dengan suatu bisnis, sebagaimana Anda menganalisa peluang bisnis tersebut dengan beberapa pertanyaan sederhananya seperti:


  • Apakah Anda mengerti dan memahami cara kerjanya?
  • Selidiki alamat kantor dan pemilik usaha. Apakah terdapat pihak yang dapat dihubungi dan bertanggung-jawab bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan investasi Anda?
  • Mereka mengatakan memiliki usaha ini itu. Apakah mereka dapat membuktikan usaha tersebut telah berjalan dan menghasilkan? Mengapa mereka masih mencari dana dari Anda?
  • Jika mereka menawarkan investasi, apakah usaha tersebut memiliki izin yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakkan aktivitas investasi atau menarik dana masyarakat?
  • Jika menjual produk, apakah Anda memerlukan produknya dan memahami cara menggunakannya?
  • Apakah Anda bisa memasarkannya dan membuat orang lain tertarik membelinya?
  • Bagaimana dengan kelayakan harga dan manfaatnya?

Jika Anda tidak yakin akan jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda kemungkinan hanya akan sibuk merekrut orang untuk memasuki suatu bisnis gadungan tanpa memahami potensi bahayanya. Jika memungkinkan, cari berita atau ulasan tentang usaha tersebut di internet. Meminta masukan dari teman atau keluarga bisa juga dipertimbangkan.
Baca juga: Beberapa Model Bisnis Online yang Harus Diwaspadai.
Mulailah berhati-hati jika ada indikasi, kata-kata, atau janji:

  • Penghasilan tetap setiap hari (minggu, bulan…dst),
  • Kerja mudah cukup dari rumah,
  • Penghasilan tanpa harus rekrut member (downline),
  • Memberi janji-janji penghasilan menggiurkan.
di zaman maju seperti sekarang, internet dalam genggaman sangat sedih sekali rasanya kalau orang2 masih aja gampang diiming2i sesuatu yang sebenarnya membahayakan kondisi ekonomi mereka. sebelum memutuskan investasi atau tidak, boleh loh ya masuk ke web ini dulu memastikan apakah tawaran investasi itu masuk yang bodong atau tidak http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/AlertPortal/Negative sebelum terjerumuh dan menyesal kemudian.

CONVERSATION

0 di isi komentarnya ya :):

Posting Komentar

tolong diisi komentarnya ya :)

Back
to top